Skip to main content

Apa Saja Materi Resmi Soal CPNS 2017-2018 Menggunakan Sistem CAT CPNS

Apa Saja Materi Resmi Soal CPNS 2017-2018
Menggunakan Sistem Ujian CAT CPNS

Soal CPNS 2016
. Banyak peserta seleksi cpns bertanya? apa saja bentuk soal cpns 2017? apakah sama bentuk dan modelnya dengan soal ujian saat masih di bangku kuliah?. Dalam penyusunan naskah soal ujian cpns bagi peserta seleksi cpns 2017, Dasar penyusunan soal cpns oleh tim PANSELNAS bahwa soal cpns 2017 disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan peraturan tersebut, maka Soal CPNS yang akan diujikan dalam sistem cat cpns terdiri atas materi Soal cpns Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Soal cpns Tes Kompetensi Bidang (TKB).
apa saja materi soal cpns

Lalu, apa saja soal cpns Tes Kompetisi Dasar (TKD) tersebut?

Berikut penjelasan apa saja cakupan materi soal TKD:

A. Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan atau yang disebut soal TWK ini merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

– Soal cpns Pancasila

– Soal cpns Undang Undang Dasar 1945

– Soal cpns Bhineka Tunggal Ika

– Soal cpns Negara Kesatuan Republik Indonesia

* Sistem tata negara Indonesia

* Pemerintah pusat dan pemerintah daerah

* Sejarah perjuangan bangsa,

* Peranan Bangsa Indonesia

* Kemampuan berbahasa indonesia.

B. Tes Intelejensi Umum (TIU)

Soal CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) atau disingkat soal cpns TIU merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri:

Soal CPNS katagori Soal Tes CPNS Analisa Verbal, meliputi:

– Soal Tes Sinonim (persamaan kata);

– Soal Tes Antonim (lawan kata):

– Soal tes Tes Padanan hubungan kata;

– Soal Tes Pengelompokan kata.

Soal CPNS katagori Soal Tes CPNS Analisa Numerik, meliputi:

– Soal Tes aritmetik (hitungan);

– Soal Tes Seri angka,

– Soal Tes Seri huruf;

– Soal Tes Logika Angka;

– Soal Tes Angka dalam cerita.

Soal CPNS katagori Soal Tes CPNS Berpikir Logis dan Analitis, meliputi:

– Soal Tes Logika Umum;

– Soal Tes Analisa Pernyataan;

– Soal Tes Kesimpulan Silogisme;

– Soal Tes logika Cerita;

C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Soal CPNS TKP merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Khusus Untuk Soal CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan pedoman dari Pemerintah, materi soal cpns meliputi:

– Integritas diri;

– Semangat berprestasi;

– Orientasi pada pelayanan;

– Kemampuan beradaptasi;

– Kemampuan mengendalikan diri;

– Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;

– Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;

– Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;

– Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;

– Orientasi kepada orang lain;

– Kreativitas dan inovasi;
Bentuk soal cpns tidaklah sama dengan di bangku sekolah atau kuliah, karena soal cpns memerlukan pendalaman pemahaman bagaimana bentuk soal-soal tersebut. Oleh karena itu, pelajari soal cpns 2016-2017 sesegera mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Materi Soal TKD cpns 2016-2017 dalam sistem cat terdiri atas Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Soal Tes Intelejensi Umum (Soal TIU), dan Soal Tes Karakteristik Pribadi (Soal TKP). Sedangkan materi soal cpns 2016-2017 tes kompetisi bidang (TKB) terdiri dari banyak bentuk yang kesemuanya tergantung pada jurusan dan formasi yang dilamar, semisal dokter, guru dan lainnya. Tidak semua jurusan formasi yang dilamar terdapat ujian Soal TKB nya. Demikian penjelasan materi yang akan diujikan pada soal cpns 2016-2017.

Bagi Anda yang ingin mendaftar cpns 2015 pada formasi kedinasan atau akan mengikuti tes cpns 2016 online nantinya, sebaiknya Anda persiapkan mulai sekarang secara maksimal sebelum melakukan pendaftaran cpns 2016 online dengan banyak belajar dan mengikuti latihan soal soal cpns 2015 - 2016 yang bisa Anda dapatkan di website www.cpnsonline.com atau www.soalcasn.com atau website lainnya yang berkaitan materi kisi kisi resmi soal cpns dan contoh simulasi cat cpns sehingga nantinya dapat Lulus murni dalam seleksi penerimaan cpns online. Demikianlah semoga bermanfaat.

Comments

  1. Mudah2han d thn 2016 bs lulus cpns
    Aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. teman-teman ku K-2 di seluruh Indonesia khusus Wulan di SDN Bareng Raya 1 Kota Malang , semoga sukses , meski Materi nya sangat sulit ,berdoa trus ya .../ from lampung

      Delete
  2. Terima kasih, atas infonya,..:)

    ReplyDelete
  3. info dari WEB liputan 6 itu benar gak, jangan membingungkan

    ReplyDelete
  4. thank...klo ada info baru dibagi ya?

    ReplyDelete
  5. cara daftar cpns gimana caranya ? mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pendaftaran CPNS 2021 Mulai 31 Mei, Inilah Syarat dan Cara Daftar CPNS 2021

Pendaftaran CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru rencananya bakal dibuka mulai 31 Mei-21 Juni 2021 mendatang. Sebelumnya, telah dibuka rekrutmen untuk sekolah kedinasan. Kini, tinggal menunggu hari saja untuk rekrutmen pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK tersebut. "Tanggal di atas betul adanya (31 Mei-21 Juni 2021) karena memang sebagai informasi awal agar rekan-rekan di daerah bisa terinfo untuk antisipasi," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian. Agar tidak kelewatan ada baiknya para calon pelamar mempersiapkan diri dengan mencicil persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang. Berikut ini syarat lengkap Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK: 1. Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun 2. Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tah

Masyarakat Pertanyakan Formasi Penerimaan CPNS 2018, Inilah Jawaban Akun Resmi BKNgoid

CPNS 2018 . Masyarakat yang menunggu kabar kepastian jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) meminta respon Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian tentang segala hal tentang tahapan penerimaan CPNS 2018 . Melalui akun twitter resmi lembaga tersebut akhirnya menjawab rasa ingin tahu warganet yang menanyakan kabar penerimaan CPNS 2018 . Warganet bahkan menaruh kecurigaan pada akun resmi tersebut karena kurang responsif. " Bls dong min tuh jawab banyak yang nanya.. Ini asli bkn bukan si jadi curiga, meni ga antusias gituh ," cuit akun @MarlanYusril. Setelah banyak akun yang menanyakan, akhirnya BKN menjawab pertanyaan warganet. "#SobatBKN, mimin sampaikan bahwa saat ini Pemerintah blm mengumumkan penerimaan #CPNS2018. Prediksi, jml formasi, syarat dll yg beredar selama ini tdk dpt dipertanggungjawabkan. Info yg mimin sampaikan pun bersifat generik. So, sabar ya. Orang sabar disayang Tuhan .....," cuit akun BKNgoid

BKN Siapkan Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018

CPNS 2018. Sesuai dengan rencana Pemerintah untuk kembali membuka penerimaan CPNS 2018 , BKN sebagai koordinator pelaksana seleksi nasional tengah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. Infrastruktur tersebut mulai dengan proses pendaftaran cpns secara online melalui web SSCN, Seleksi Administrasi, sampai dengan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sambil menunggu pengumuman penerimaan CPNS resmi yang akan dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenpanRB ), BKN telah melakukan peningkatan kapasitas (upgrading) web SSCN, karena diperkirakan akan terdapat 8 – 10 juta pendaftar. Sistem Helpdesk cpns dan pengaduan akan dilaksanakan dengan lebih efektif, cepat, transparan dan efisien. Sistem Helpdesk ini akan dibuat secara online (yang menyatu dengan web SSCN) maupun offline di Kantor Pusat BKN dan 14 Kantor Regional BKN. Pelaksanaan SKD dan SKB tetap menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan p