Skip to main content

Sarjana Cum Laude Batal Dijamin Lolos Tes CPNS 2016

CPNS 2016. Lolos tanpa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan cum laude batal terwujud. Para lulusan terbaik ini masih harus tetap mengikuti tes. Sebelumnya, wacana jaminan lolos tes CPNS 2016 bagi lulusan cum laude muncul dari pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Yuddy Chrisnandi.

CPNS-Lulusan-sarjana-terbaik

Juru Bicara Menteri PANRB, Herman Suryatman mengakui wacana itu memang sempat mengundang pro dan kontra. Tak mau isu makin berkembang, Herman menegaskan penerimaan CPNS 2016 untuk lulusan cum laude tetap mengikuti koridor peraturan perundangan yang berlaku.

"Pak Menpan menegaskan, untuk meningkatkan kualitas dan performa SDM aparatur, beliau memberikan apresiasi kepada para sarjana lulusan cumlaude atau dalam bahasa normatifnya putra/putri lulusan terbaik," katanya.  Sesuai ketentuan yang ada, pola rekrutmen CNPS 2016 menurut Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis pada kualifikasi dan kompetensi.  "Jadi tidak sembarangan, ada proses dan mekanisme yang harus ditempuh. Bukan tanpa tes sama sekali," ujarnya.

Merujuk Peraturan Menteri PANRB Nomor 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kementerian/Lembaga TA 2014, disebutkan formasi untuk putra/putri lulusan terbaik adalah lulusan dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi A, Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta predikat Lulusan Cumlaude/dengan Pujian.

"Kami jamin akan mendapatkan lulusan yang berkualitas dan kompeten," kata Herman.

Selain kriteria objektif di atas, teknis pelaksanaan pengadaan formasi CPNS 2016 untuk lulusan terbaik juga akan dikoordinasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Panitia Seleksi Nasional, baik terkait tata cara seleksi maupun persyaratan administratif lainnya.

Secara umum, pelaksanaan pengadaan ASN dari jalur formasi untuk putra/putri lulusan terbaik, sama dengan dari jalur umum. Mereka masih melalui tahap passing grade-nya. Hal yang membedakan hanya pada persyaratan administratif serta kepesertaan seleksi, yakni dikompetisikan sesama lulusan terbaik.

Selain lulusan cum laude, formasi khusus CPNS 2016 ini juga berisi para sarjana mengajar di tempat terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T), formasi untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi, formasi untuk putra/putri papua, serta formasi disabilitas.

Comments

  1. kalau orang tersebut lulus dengan predikat cum laude atau IP nya tinggi, mestinya dia akan lulus juga jika di test penerimaan PNS...penerimaan ini aneh dan mengada ada ...mestinya test yang dibuat mesti benar benar fair dan bersih dari segala kepentingan KKN...saya dak yakin pasti ada keraguan akan kejujuran dan keseriusan panitia pusat sehingga ada jalur khusus bagi yang pintar....sampai kapanpun kalau cara penerimaan tidak jujur /fair ...upaya ini menjadi sia sia untuk dapatkan PNS yang baik

    ReplyDelete
  2. Bersaing secara sehat, bersih dan profesional, mohon di infokan kapan dan situs atau link resminya untuk mendaftar mengingat banyaknya situs tiruan atau bodong yang menyesatkan, terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masyarakat Pertanyakan Formasi Penerimaan CPNS 2018, Inilah Jawaban Akun Resmi BKNgoid

CPNS 2018 . Masyarakat yang menunggu kabar kepastian jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) meminta respon Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian tentang segala hal tentang tahapan penerimaan CPNS 2018 . Melalui akun twitter resmi lembaga tersebut akhirnya menjawab rasa ingin tahu warganet yang menanyakan kabar penerimaan CPNS 2018 . Warganet bahkan menaruh kecurigaan pada akun resmi tersebut karena kurang responsif. " Bls dong min tuh jawab banyak yang nanya.. Ini asli bkn bukan si jadi curiga, meni ga antusias gituh ," cuit akun @MarlanYusril. Setelah banyak akun yang menanyakan, akhirnya BKN menjawab pertanyaan warganet. "#SobatBKN, mimin sampaikan bahwa saat ini Pemerintah blm mengumumkan penerimaan #CPNS2018. Prediksi, jml formasi, syarat dll yg beredar selama ini tdk dpt dipertanggungjawabkan. Info yg mimin sampaikan pun bersifat generik. So, sabar ya. Orang sabar disayang Tuhan .....," cuit akun BKNgoid

BKN Siapkan Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018

CPNS 2018. Sesuai dengan rencana Pemerintah untuk kembali membuka penerimaan CPNS 2018 , BKN sebagai koordinator pelaksana seleksi nasional tengah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. Infrastruktur tersebut mulai dengan proses pendaftaran cpns secara online melalui web SSCN, Seleksi Administrasi, sampai dengan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sambil menunggu pengumuman penerimaan CPNS resmi yang akan dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenpanRB ), BKN telah melakukan peningkatan kapasitas (upgrading) web SSCN, karena diperkirakan akan terdapat 8 – 10 juta pendaftar. Sistem Helpdesk cpns dan pengaduan akan dilaksanakan dengan lebih efektif, cepat, transparan dan efisien. Sistem Helpdesk ini akan dibuat secara online (yang menyatu dengan web SSCN) maupun offline di Kantor Pusat BKN dan 14 Kantor Regional BKN. Pelaksanaan SKD dan SKB tetap menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan p

KemenpanRB: Hati-Hati Seminar Pengadaan CPNS 2018

Masyarakat diminta hati-hati terhadap hoax Seminar Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2018 yang beredar melalui media sosial. "Kementerian PANRB tidak pernah bekerja sama dengan pihak mana pun untuk menyelenggarakan seminar nasional mengenai pengadaan CPNS 2018 sebagaimana klaim dalam acara tersebut," tegas Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Sabtu (30/06). Herman mengingatkan agar masyarakat waspada atas inisiatif pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut. "Waspada terhadap pihak mana pun yang mengklaim mendapatkan dukungan dari Kementerian PANRB dan seolah-olah dapat menghadirkan narasumber pejabat dari Kementerian PANRB dalam penyelenggaraaan seminar, pelatihan, bimbingan belajar, atau kegiatan sejenis lainnya," ucapnya. Dijelaskan lebih lanjut bahwa, semua informasi terkait perkembangan pengadaan CPNS akan disampaikan melalui portal resmi menpan.