Skip to main content

Rekrutmen CPNS 2017 Diserahkan ke Pemda

CPNS 2017. Rekrutmen CPNS 2017 tidak dilakukan secara serentak. Pelaksanaannya bergantung kesiapan kementerian/lembaga dan masing-masing pemerintah daerah (pemda).

“Mulai tahun ini tes CPNS tidak dilakukan serentak untuk semua jabatan. Namun, dilihat yang siap terlebih dahulu,” kata Bima Haria Wibisana, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat, 5 Mei.

‎Dia menyebukan, sistem tes tetap menggunakan computer assisted test (CAT CPNS). Dengan demikian tidak ada lagi tes di stadion-stadion.

“Prinsipnya, begitu MenPAN-RB‎ menetapkan formasi jabatan dan mengeluarkan izin prinsip, instansi sudah bisa membuka rekrutmen cpns. Kemudian seleksi lewat tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang,” tuturnya.

Pemerintah akan Tambah Porsi CPNS dari Sekolah Kedinasan

Di daerah, Pemprov Sulsel belum mendapat informasi resmi terkait mekanisme tes CPNS 2017. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel menunggu petunjuk KemenPAN RB

Kabid Pengembangan Pegawai BKD Sulsel, Nursyamsih menuturkan Pemprov mengusulkan usulan formasi sesuai kebutuhan berdasarkan analisis kebutuhan kerja.

“Untuk usulan cpns 2017 itu tentu menyesuaikan dengan perubahan struktur organisasi perangkat daerah (OPD) baru,” tuturnya.

Jumlah pegawai Pemprov saat ini membengkak menjadi 26.364 orang. Tambahan pegawai bukan hanya dari pengalihan guru SMA dan SMK 15.156 orang saja. Pemprov juga harus menerima pengalihan pegawai dari kabupaten/kota bidang kehutanan 948 orang, energi dan sumber daya mineral 34 orang, perhubungan 160 orang, dan ketenagakerjaan 66 orang.

Kata Nursyamsih berdasarkan acuan terakhir 2015, kebutuhan pegawai Pemprov Sulsel 12.374 orang. Dengan jumlah pegawai yang ada 9.797 orang.

“Artinya ada kekurangan sekira 2.577 orang sesuai data e-formasi. Usulan tahun ini mungkin sedikit berbeda karena ada perubahan struktur OPD,” bebernya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Makassar, Basri Rachman mengutarakan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan akan ada penerimaan di Kota Makassar. Sebab, pemkot baru memasukkan usulan fotmasi.

“Kita tunggu dulu rapat koordinasi nasional. Rencananya diadakan tanggal 10 Mei ini di Jakarta,” katanya.

Sekkab Luwu Utara, Abdul Mahfud menyatakan daerahnya sudah siap untuk melakukan rekrutmen CPNS.

Kepala BKD Pinrang, Muh Nasir mengatakan, sejauh ini belum ada surat resmi dari BKN soal petunjuk pelaksanaan untuk penerimaan CPNS 2017. Hanya saja memang sudah ada kabar yang beredar, terkait tes yang tak bersamaan di semua daerah dan lembaga.

“Kebutuhan kita adalah guru dan tenaga kesehatan. Utamanya di wilayah pegunungan,” ucapnya.

Kepala BKP SDM Bone, Andi Islamuddin juga mengaku belum mendapat informasi dari pihal terkait tentang mekanisme pelaksanaan tes CPNS tahun 2017 ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM) Soppeng, A Mahmud pun menuturkan baru sebatas mengusulkan kebutuhan CPNS. Batas pengusulan kebutuhan pegawai di-deadline Jumat, 5 Mei


Sumber:  http://www.fajaronline.com/2017/05/06/rekrutmen-cpns-diserahkan-ke-pemda

Comments

  1. INI KISAH SAYA (100% NYATA) : Nama saya dwi sartika dan 4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya saya Berhasil itu semua Berkat Bpk Drs Warli, M.Si..(Kepala Biro Kepegawaian dan Kerjasama antar Lembaga) BKN PUSAT Jakarta..

    Saya awalnya tidak percaya,tapi setelah saya coba menhubungi Bpk Drs Warli, M.Si.. dengan No.tlp: 085242595759.. akhirnya saya bisa lulus CPNS 2016. Berjubelnya peserta tes sempat membuat hati saya ciut ketika itu.

    Alhamdulillah berkat Bpk Drs Warli, M.Si. yang banyak membantu saya, saya sekarang lulus CPNS dan SK saya akhirnya bisa keluar,itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk.Drs. Warli, M.Si. no HP Beliau: 085242595759 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.

    Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak lagi yang bisa lulus dengan bantuan Bpk Drs Warli, M.Si.. . Selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,Terima kasih...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Masyarakat Pertanyakan Formasi Penerimaan CPNS 2018, Inilah Jawaban Akun Resmi BKNgoid

CPNS 2018 . Masyarakat yang menunggu kabar kepastian jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) meminta respon Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya hingga saat ini belum ada kepastian tentang segala hal tentang tahapan penerimaan CPNS 2018 . Melalui akun twitter resmi lembaga tersebut akhirnya menjawab rasa ingin tahu warganet yang menanyakan kabar penerimaan CPNS 2018 . Warganet bahkan menaruh kecurigaan pada akun resmi tersebut karena kurang responsif. " Bls dong min tuh jawab banyak yang nanya.. Ini asli bkn bukan si jadi curiga, meni ga antusias gituh ," cuit akun @MarlanYusril. Setelah banyak akun yang menanyakan, akhirnya BKN menjawab pertanyaan warganet. "#SobatBKN, mimin sampaikan bahwa saat ini Pemerintah blm mengumumkan penerimaan #CPNS2018. Prediksi, jml formasi, syarat dll yg beredar selama ini tdk dpt dipertanggungjawabkan. Info yg mimin sampaikan pun bersifat generik. So, sabar ya. Orang sabar disayang Tuhan .....," cuit akun BKNgoid

BKN Siapkan Infrastruktur Seleksi Penerimaan CPNS 2018

CPNS 2018. Sesuai dengan rencana Pemerintah untuk kembali membuka penerimaan CPNS 2018 , BKN sebagai koordinator pelaksana seleksi nasional tengah menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. Infrastruktur tersebut mulai dengan proses pendaftaran cpns secara online melalui web SSCN, Seleksi Administrasi, sampai dengan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sambil menunggu pengumuman penerimaan CPNS resmi yang akan dikeluarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenpanRB ), BKN telah melakukan peningkatan kapasitas (upgrading) web SSCN, karena diperkirakan akan terdapat 8 – 10 juta pendaftar. Sistem Helpdesk cpns dan pengaduan akan dilaksanakan dengan lebih efektif, cepat, transparan dan efisien. Sistem Helpdesk ini akan dibuat secara online (yang menyatu dengan web SSCN) maupun offline di Kantor Pusat BKN dan 14 Kantor Regional BKN. Pelaksanaan SKD dan SKB tetap menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN dengan p

KemenpanRB: Hati-Hati Seminar Pengadaan CPNS 2018

Masyarakat diminta hati-hati terhadap hoax Seminar Nasional Pengadaan CPNS Tahun 2018 yang beredar melalui media sosial. "Kementerian PANRB tidak pernah bekerja sama dengan pihak mana pun untuk menyelenggarakan seminar nasional mengenai pengadaan CPNS 2018 sebagaimana klaim dalam acara tersebut," tegas Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jakarta, Sabtu (30/06). Herman mengingatkan agar masyarakat waspada atas inisiatif pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut. "Waspada terhadap pihak mana pun yang mengklaim mendapatkan dukungan dari Kementerian PANRB dan seolah-olah dapat menghadirkan narasumber pejabat dari Kementerian PANRB dalam penyelenggaraaan seminar, pelatihan, bimbingan belajar, atau kegiatan sejenis lainnya," ucapnya. Dijelaskan lebih lanjut bahwa, semua informasi terkait perkembangan pengadaan CPNS akan disampaikan melalui portal resmi menpan.